![]() |
Kartu Telkomsel Hilang |
Cara Mengganti Kartu Telkomsel Yang Hilang
Beberapa cara jika kita kehilangan kartu Telkomsel, dan jika dirasa kartu itu sangat penting bagi kita, inilah beberapa cara untuk mengganti kartu yang hilang itu tetapi tetap dengan nomor yang sama atau nomor yang hilang itu :
Melalui Jalur Online
Melalui Asisten Virtual Telkomsel dengan cara:
- Hubungi Asisten Virtual Telkomsel Veronika dengan mengetik "Ganti Kartu“ atau “Migrasi 4G”.
- Veronika akan mengarahkan ke tautan situs web MyTelkomsel.
- Lengkapi data di web MyTelkomsel.
- Siapkan Kartu Identitas (e-KTP) dan Kartu Keluarga
- Unggah dokumen berupa Kartu Identitas (e-KTP), foto diri sambil memegang e-KTP, dan foto diri memegang kertas bertuliskan ‘Ganti Kartu’ disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan.
Anda bisa mengakses Asisten Virtual Telkomsel melalui berbagai platform, termasuk
- Aplikasi MyTelkomsel di play store
- Situs web resmi di www.telkomsel.com
- Facebook Messenger di tsel.me/fbV2
- Telegram di tsel.me/telegramVA2
Syarat dan ketentuan
Pastikan nomor Anda tidak terkoneksi dengan layanan perbankan (baik digital banking maupun transaksi digital lainnya). Jika terhubung, layanan penggantian kartu hanya dapat dilakukan di GraPARI terdekat. Untuk pelanggan pascabayar (kartuHalo), pastikan tidak ada tunggakan tagihan. Bagi pelanggan prabayar (simPATI, KARTU As, dan Loop), pastikan nomor tidak melewati masa berlaku atau masa tenggang.
Pengiriman kartu pengganti akan menggunakan layanan mitra Telkomsel, dan waktu pengiriman akan sesuai dengan pilihan pelanggan dengan biaya pengiriman kartu yang ditanggung oleh pelanggan. Biaya pengiriman hanya dapat dibayarkan melalui metode pembayaran Dana dan Shopeepay. Bagi pelanggan pascabayar, disarankan menggunakan alamat email sesuai e-bill, sementara pelanggan prabayar dapat menggunakan email pribadi.
Dokumen yang diunggah sebaiknya tidak melebihi 10 MB per dokumen. Kartu pengganti akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pelanggan dan dalam keadaan terblokir (tidak dapat menerima panggilan, SMS, dan akses internet). Informasi mengenai mitra Telkomsel dan cakupan wilayah penggantian kartu online dapat ditemukan pada tabel yang disediakan.
DKI Jakarta:
Jakarta Pusat
Jakarta Utara
Jakarta Timur
Jakarta Selatan
Jakarta Barat
Saat ini proses pengiriman ganti kartu via online sudah dapat dilakukan oleh mitra Telkomsel berikut ini:
- JNE
- SiCepat
Sekarang, mitra Telkomsel seperti JNE dan SiCepat menyediakan layanan pengiriman kartu pengganti secara online.
Jika Anda berada di luar wilayah tersebut, silakan kunjungi MyGraPARI atau GraPARI terdekat. Jika nomor Anda terkait dengan layanan perbankan, proses penggantian kartu hanya dapat dilakukan di GraPARI terdekat.
My GraPARI Telkomsel
Melalui MygraPARI, sebelum mendatangi MyGraPARI, perhatikan poin-poin berikut:- Pastikan perangkat Anda mendukung 4G dan fitur 4G telah diaktifkan (jika ingin melakukan upgrade ke 4G).
- Persiapkan e-KTP yang masih berlaku untuk warga negara Indonesia.
- Permintaan penggantian kartu melalui MyGraPARI hanya berlaku untuk nomor yang tidak terdaftar dalam layanan perbankan.
- Jika kartu Anda terhubung dengan layanan perbankan, penggantian kartu hanya dapat dilakukan di GraPARI terdekat.
GraPARI Telkomsel
Melalui GraPARI, sebelum menuju GraPARI, Anda dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi MyTelkomsel, di aplikasi klik menu "Pusat Bantuan" dan kemudian "Reservasi GraPARI", untuk mendapatkan Order ID melalui notifikasi SMS. Proses ini bertujuan untuk menghindari antrian di GraPARI.Mohon perhatikan beberapa hal berikut sebelum berkunjung.
- Pastikan Anda tiba di GraPARI sesuai dengan waktu dan lokasi yang tertera pada SMS reservasi
- Pastikan perangkat Anda memiliki dukungan 4G dan fitur 4G nya sudah aktif
- Siapkan eKTP yang masih berlaku untuk warga negara Indonesia; atau paspor/KITAP/KITAS untuk warga negara asing
- Ganti kartu hilang/rusak dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermeterai Rp10.000 dari pemilik kartu, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa, dan Kartu Keluarga asli dari pemilik kartu.
Upgrade Kartu Telkomsel
Khusus untuk permintaan upgrade ke 4G yang diwakilkan, persyaratannya adalah melampirkan surat kuasa bermeterai Rp10.000, e-KTP asli/copy/scan dari pemberi kuasa/pemilik kartu, serta e-KTP asli dari penerima kuasa.
Jika nomor terdaftar dalam layanan perbankan:
1. Sertakan e-KTP asli.
2. Sertakan Kartu Keluarga asli.
3. Bawa identitas lain (asli), seperti SIM/Paspor/KTA/Identitas lain yang mencantumkan nama pelanggan sebagai bukti kesesuaian dengan e-KTP pelanggan.
4. Untuk perwakilan, lampirkan surat kuasa bermeterai Rp10.000 dari pemilik nomor, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa, serta kartu keluarga (KK) asli. Penerima kuasa harus terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK).
5. Sertakan kartu SIM yang akan diganti jika kondisinya rusak.
6. Siapkan juga informasi 3 nomor yang pernah dihubungi dalam 1 bulan terakhir sebagai data validasi yang akan diminta oleh pihak GraPARI.
Info lengkap lokasi dan jam pelayanan GraPARI terdekat dapat dicek melalui tautan GraPARI Telkomsel.
.